Calon Mobil Termurah Sejagat - Aburifq Site
Headlines News :
Home » , » Calon Mobil Termurah Sejagat

Calon Mobil Termurah Sejagat

detik.com-Jakarta - Mobil mungil asal India, Tata Nano kini boleh berbangga bisa menjadi mobil paling murah sejagat. Tapi status itu sepertinya tidak akan bertahan lama.

Selain diancam status murahnya oleh Nissan-Renault yang akan membuat mobil murah dengan Bajaj Auto di India, pabrikan mobil asal China, Geely juga sudah menyebar ancaman.

Geely berencana akan membuat gebrakan dengan menghadirkan versi produksi dari mobil anyarnya, Intelligent Geely (IG) yang sebelumnya tampil di ajang otomotif bergengsi Beijing Auto Show.

Rencananya IG akan segera masuk dapur produksi di pabrik Geely di Linhai pada 2012 mendatang dengan harga sangat fantastis.

"Harga dasar 10.000 renminbi," ungkap Presiden Direktur PT Geely Mobil Indonesia (GMI) A Budi Pramono kepada detikOto.

Bila angka tersebut dikonversi ke rupiah, berarti mobil anyar milik pabrikan swasta di China ini hanya akan dilepas dengan harga sekitar Rp 13,59 jutaan saja (dengan kurs Rp 1.359 per 1 RMB).

Angka ini jauh lebih rendah dari harga Tata Nano yang saat ini sudah naik harga menjadi antara US$ 2.800-3.800 (Rp 26-35,2 juta). Atau mobil mungil buatan Nissan-Renault yang kabarnya akan menyaingi Tata Nano dengan harga US$ 2.500 atau sekitar Rp 23,2 jutaan saja.

Konsep IG sendiri tampil mengesankan di ajang Beijing Auto Show lalu dengan disain dan teknologi terkini. Pada model konsepnya, IG mengaplikasi pintu model sayap camar alias gullwing dengan lekuk tubuh yang futuristik.

Sementara untuk dapur pacunya, Geely IG konsep tersebut sudah mengaplikasi teknologi hibrid dengan memadukan sebuah mesin konvensional berkapasitas 998 cc dan sebuah motor listrik.

Dengan perpaduan dua kekuatan itu, Geely IG mampu melaju hingga ke kecepatan 150 km/jam. Kemampuan tersebut didapatnya berkat sumbangan tenaga dari mesin konvensional yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 52 kW pada 6.000 RPM dengan torsi mencapai 93 Nm pada 3.400-3.800 RPM.

Sementara motor listrik yang digerakan oleh Iron Phosphate lithium-nya mampu menyemburkan tenaga hingga 60 kW pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi mencapai 180 Nm pada 6.000 RPM.

Di China sendiri rekor mobil termurah dipegang oleh Ben Ben Mini yang meskipun harganya tidak semurah Nano, tapi cukup menggoda.

Ben Ben Mini yang dibuat oleh Chang An dilepas dengan harga hanya 29.900 RMB sampai 46.900 RMB atau sekitar Rp 39,86 jutaan sampai Rp 62,52 jutaan saja.

Dengan banderol harganya yang miring ini, Ben Ben Mini pun langsung menggusur BYD FO yang selama ini menjadi mobil termurah di China. Karena BYD FO saat ini dilepas dengan harga mulai dari 31.000 RMB atau sekitar Rp 41,32 jutaan. ( syu / ddn )
Share this article :

1 comments:

ToPu mengatakan...

di Jogja udah ada lum ya mobil yang seperti ini, kalau udah ada harus buruan beli nih... Hehehehe....

topads

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Aburifq Site - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya